Online Yahoo

Jumat, 19 Juni 2009

Production,Record, Overdub, Edit, Mixing, dan Mastering


Kita sering mendengar istilah-istilah seperti Roduction, Recording, Overdub, Editing, Mixing, dan Mastering. Apa sebenarnya makna dari istilah-istilah tersebut? Kira-kira mana yang lebih penting dan mana yang harus dilakukan lebih dahulu?

Recording adalah proses merekam hasil karya kita ke dalam bentuk audio, baik dalam format analog atau digital untuk diproses menjadi CD audio atau kaset. Mengapa kita memindahkannya ke CD atau Kaset? Supaya lagu kita bisa dijual atau diperdengarkan kepada orang lain atau hanya sekedar dijadikan sebagai aset pribadi saja. Saat proses recording, kita boleh merekam apa aja yang kita inginkan, baik itu band, vokal, gitar, drum, dan lain-lain. Proses rekaman merupakan langkah awal yang paling penting karena rekaman yang bagus akan menghasilkan mixing yang bagus pula.
Overdub adalah proses rekaman ketika kita sudah memiliki track yang telah direkam sebelumnya, tetapi ingin direkam atau ditambah track yang baru supaya hasilnya lebih bagus. Sebagai contoh, misalnya Anda telah merekam musik sebuah lagu tetapi belum merekam vokalnya. Proses merekam vokal inilah yang bisa dikatakan sebagai Overdub Vokal karena hanya vokal yang akan direkam. Atau Anda ingin men-double suara gitar supaya kedengaran lebih tebal. Proses merekam gitar ini dikatakan sebagai Overdub Gitar.

Sumber AudioPro

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger Themes

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More