Online Yahoo

Kamis, 25 Juni 2009

DI Recording dan Reamplifikasi Gitar dan Bass Listrik


Seorang pemain gitar listrik kini kian memiliki pilihan saat merekam. Sangat berbeda dengan masa lampau yang hanya mencolokkan ke input amplifier dan miking. Kini, sudah ada hardware DI box dan software untuk direct recording sebuah instrumen musik yang mereplikasi suara dari sebuah amp miking.

Cara merekam instrumen tanpa menggunakan amplifier inilah yang sekarang dalam dunia rekaman dikenal dengan istilah Direct Injection atau DI. Sistem DI ini mem-bypass amplifier (termasuk amplifier konvensional) dan mencomot sinyal murni dari instrumen langsung ke pita (tape) atau DAW.

Selama beberapa tahun belakangan ini, DI recording telah memanfaatkan sebuah kotak yang simple (secara generik alat ini disebut DI Boks) untuk meng-adjust impedansi dari sebuah instrumen dan mengubahnya ke interface dengan memakai sebuah chanel mixer. Boks ini harganya bisa saja murah, karena DI boks pasif seringkali hanya berupa sebuah trafo dan beberapa konektor. DI Boks biasanya digunakan untuk recording bass. Karena alat ini tidak punya karakter suara tertentu, maka diapun jarang digunakan para gitaris.

Sumber AudioPro

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger Themes

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More