Online Yahoo

Kamis, 25 Juni 2009

Manajemen Audio Menggunakan Media Pool Pada Cubase SX/Nuendo


Banyak hal kecil yang terkadang kita abaikan ketika sedang merekam musik pada sebuah sequencer. Salah satunya adalah mengenai manajemen data yang seharusnya tersimpan rapi dalam satu directory khusus di hard disk komputer. Dan itu adalah hal penting!

Salah satu faktor terpenting dalam manajemen data dalam merekam secara digital adalah bagaimana kita mempersiapkan wadah (folder) untuk penyimpanan data agar menjadi rapi dan benar untuk sebuah proyek lagu.
Hal yang paling umum kita lakukan misalnya, ketika mulai menyalakan Cubase SX/Nuendo di komputer,menghubungkan kabel gitar ke sound card, membuka new project, membuat template baru, membuat directory/folder baru untuk menyimpan seluruh data audio dan data lainnya yang bersangkutan dengan sequencer. Kemudian menentukan bit resolusi dan sample rate, membuat track baru, mengatur tempo, dan mulai merekam gitar. Sejauh ini, langkah yang kita lakukan sudah benar. Dan langkah awal ini menjadi suatu kebiasaan dimana kita sedang membuat file baru.

Sumber AudioPro

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger Themes

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More