Online Yahoo

Jumat, 19 Juni 2009

Teknologi Loudspeaker Tetrad


Evolusi loudspeaker di Indonesia membuat kita semakin yakin bahwa kita bukan negara yang kurang atau tidak mengerti tentang teknologi sound system yang benar.

Produsen speaker dunia menawarkan produk-produknya dengan teknik desain yang bervariasi. Misalnya, untuk sebuah brand saja, terdapat beberapa desain boks loudspeaker, mulai dari yang bass reflex/direct, bass horn, folded horn, band pass, vented, dan sebagainya.

Dari perjalanan ke berbagai wilayah Indonesia Timur selama tahun 2007 dalam rangkaian kunjungan kerja, saya mendapati kenyataan bahwa kemampuan pengenalan sound engineer (pasar dan end user) mengenai teknologi ini seringkali cenderung membias dan terkesan menjadi tidak benar karena adanya kepentingan lain. Sound engineer muda di daerah Indonesia Timur pastilah memiliki seorang engineer panutan, seperti sosok “idola” atau mengikuti tren pasar di Jawa yang dijadikan acuan untuk penerapannya. Ternyata, tidaklah cukup hanya sampai di situ karena bila ada sesuatu yang sedikit membingungkan dan butuh penjelasan,
Sumber AudioPro

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger Themes

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More